Sabtu, 05 November 2011

Tutorial Cara Installasi Apache2 Php5 Php5-Mysql Mysql-Server PhpMyadmin Pada Sistim Operasi Linux

             Nach sekarang kita akan membahas bagaimana sich caranya melakukan penginstallan Apache2 Php5 Php5-Mysql Mysql-Server PhpMyadmin pada sistem Operasi Linux melalui Terminal.Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam penginstallan Apache2 Php5 Php5-Mysql Mysql-Server PhpMyadmin ini,
             Nach Khusus dalam pembahasan ini nich,saya akan mencoba menginstall aplikasi ini dengan cara yang menurut saya cukup simple sich,yuks kita mulai aja yach pembahasanya.Nach sekarang saya akan melakukan penginstallan Apache2 Php5 Php-Mysql Mysq-server dan PhpMyadmin pada Ubuntu 11.04.Langkah awal yang harus kita perhatikan yaitu pastikan Labtop / PC anda terkoneksi dengan jaringan internet dengan baik,karena kita akan melakukan penginstallan aplikasi ini dengan bantuan penuh dari koneksi internet.Nack setelah itu ikuti yuks perintah-perintah di bawah ini :
  1. Langkah pertama buka Terminal pada linux anda dengan cara pilih Application lalu pilih Accecories dan pilih Terminal.
  2. Langkah kedua yaitu ketikkan perintah pada terminal yaitu : “ Sudo gedit /etc/apt/sources.list” lalu tekan Enter untuk membuka alamat dari repository ubuntu yang kita pakai.Nach biasanya sich dia minta Pasword Nich masukkan aja Pasword nya lalu tekan enter kembali.
  3. Kemudian akan mucul alamat Repository pada Ubuntu atau Linux Kita yang tersimpan pada Gedit Editor dengan nama Sources.list.Nack kemuadian Buka Mozilla kemudian cari alamt Repository dari tipe linux kalian,karena saya memakai Ubuntu 11.04 nich maka saya cari alamat dari Repository Ubuntu 11.04.Lalu Pilih salah satu alamat dari sumber yang akan kita jadikan server untuk menginstall aplikasi ini biasanya yang banyak dari UI atau Kambing Hitam Sich.Copy alamat tersebut dan Paste kan pada Gedit Text Editor yang kita buka tadi Lalu simpan Alamat tersebut dengan cara menekan Ctr + S.
  4. Lalu Update Linux anda dengan menggunakan alamat Repository yang baru dengan cara mengetikkan “ Sudo apt-get update”lalu tekan Enter.Nach seperti biasanya nich kalau dia meminta Paswords masukkan saja pasword lalu tekan Enter. Proses Update anda akan berjalan dengan baik.Tunggu sampai Proses Update anda ini Selesai.
  5. Setelah proses Update anda selesai barulah kita memulai proses instalasi Apache Php5 Php5-Mysql Mysql-Server PhpMyadmin.Sekarang Ketikkan perintah pada terminal anda “ Sudo apt-get install apache2 php5 php5-mysql mysql-server phpmyadmin” lalu tekan Enter kemudian masukkan Pasword jika diminta.
  6. Kemudian Proses akan berjalan dan Terminal mulai membaca aplikasi-aplikasi apa saja yang hendak kita install tadi.Lalu Terminal meminta konfirmasi tentang data yang hendak kita install, ketikkan saja “y” lalu tekan Enter apabila kita hendak melanjutkan proses penginstallan dan “n” apabila kita hendak menghentikan proses penginstallan tersebut.karena kita hendak menginstall atau memasang aplikasi ini ketikkan “y” lalu tekan Enter.
  7. Nach sekarang barulah proses installasi dimulai tunggu sampai Proses ini selesai berjalan dengan baik.Eicth tapi jangan kemana-mana yach soalnya ada beberapa konfigurasi lagi yang hendak kita lakukan jadi yach sabar aja terus mununggu yach.setelah proses berjalan kira-kira beberapa menit lalu akan muncul perintah untuk konfigurasi mysql-server.kemudian masukkan pasword untuk alamat mysql-server.masukkan saja pasword nya “1” lalu tekan Enter.
  8. Lalu Terminal meminta anda untuk konfigurasi Pasword Mysql kembali seperti biasa ketikkan saja paswordnya angka “1” lalu tekan Enter.
  9. Tunggu proses tersebut berjalan lalu Terminal akan meminta konffigurasi kembali.kali ini Terminal meminta Konfigurasi untuk PhpMyadmin.kemudian pilih apache2 lalu tekan Enter.
  10. Tunggu proses beberapa saat lagi lalu Terminal meminta anda untuk konfigurasi database untuk Php Myadmin kembali.Pilih saja “Yes” Kemudian tekan Enter lalu proses akan berjalan kembali.
  11. Kemudian Terminal akan meminta anda kembali untuk konfigurasi Pasword untuk database adminitrative user.Ketikkan saja angka “1” lalu tekan enter.
  12. Tunggu Proses berjalan beberapa saat kemudian Terminal akan meminta anda kembali untuk konfigurasi pasword aplikasi Mysql untuk phpmyadmin.ketikkan saja angka “1” lalu tekan Enter.
  13. Kemudian Terminal akan meminta anda kembali untuk memasukkan pasword konfirmasi phpmyadmin lagi.seperti biasa masukkan saja angka “1” lalu tekan Enter.ini merupakan pasword konfigurasi yang terakhir kita lakukan.
  14. Nach proses instalasi masih berjalan kembali nich,kali ini Terminal akan melakukan setting konfigurasi terakhir dari proses instalasi aplikasi-aplikasi apa saja yang kita lakukan.nach sekarang tunggu aja nich prosesnya berjalan sampai berhenti atau selesai.Setelah proses selesai maka Anda telah BERHASIL melakukan installasi Apashe2 Php5 Php5-Mysql Mysql-Server dan PhpMyadmin.

       Nach ini dia penjelasan sedikit dari saya tentang Tutorial Penginstallan Apache2 Php5 Php5-Mysql Mysql-Server dan PhpMyadmin pada sistim operasi Linux,semoga bermanfaat bagi semua,thank's. ^_^ .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar