Keterampilan Hidup ( Life Skill )
1.Keterampilan Fisik (Physical Skills)
2.Keterampilan Mental (Mental Skills)
3.Keterampilan Emosional (Emotional Skills)
4.Keterampilan Spiritual (Spiritual Skills)
5.Keterampilan Kejuruan (Vocational Skills)
6.Keterampilan Menghadapi Kesulitan (Adversity Skills)
Keterampilan Hidup (Life Skills)
Berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan, yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari
secara efektif.
Kenapa Remaja Perlu Life Skills ?
1. Membantu remaja mencapai tugas pertumbuhan dan perkembangan pribadi :
a. Pertumbuhan fisik
b. Perkembangan mental
c. Perkembangan emosional
d. Perkembangan spriritual
2. Membantu remaja mencapai tugas pertumbuhan dan perkembangan sosial :
a. Melanjutkan sekolah
b. Mencari pekerjaan
c. Memulai kehidupan berkeluarga
d. Menjadi anggota masyarakat
e. Mempraktekan hidup sehat
A.1. Keterampilan Fisik (Physical Skills) :
Keterampilan Fisik (Physical Skills) terbagi atas :
a.Keterampilan memahami tubuh sendiri
b.Keterampilan berkomunikasi dengan tubuh sendiri
c.Keterampilan mengatur pola makan
d.Olah raga murah dan sehat
e.Keterampilan mengelola tidur untuk terapi kesehatan
Keterampilan Fisik
a. Memahami tubuh sendiri
1. Paham makna sehat yang hakiki.
2. Paham bagaimana mencegah penyakit.
b. Bekomunikasi dengan Tubuh Sendiri
Memperhatikan signal yang diberikan oleh tubuh kita Keterampilan Fisik
c. Mengatur Pola Makan
Zat-zat gizi utama yang terkandung pada makanan,antara lain:
1. Karbohidrat : 60% (sumber : nasi, jagung, gandum,tepung, sagu, roti,
kentang, ubi, singkong).
2. Protein : 20-50% (sumber : kedelai, kacang, ikan, daging sapi, ayam)
3. Lemak : < 25% (sumber : mentega, alpukat, minyak)
4. Vitamin : + 10% (sumber : buah dan sayur)
5. Mineral : + 10% (sumber : buah yang mengandung air dan serat)
6. Air : 50% : 1,5 - 2 liter
d. Olah Raga Murah dan Sehat
Olah Raga Murah dan Sehat Berfungsi Untuk :
Brisk walking ,menurunkan resiko stroke,diabetes, osteoporosis, hipertensi,
kolesterol dan penyakit paru-paru.
e. Tidur Sebagai Terapi Kesehatan
Tips alami mengoptimalkan kualitas tidur :
• Olahraga teratur (2 hari sekali)
• Hindari minum banyak menjelang tidur (maksimal 2 atau 4 jam sebelum tidur)
• Hindari makan pada malam hari (maksimal 4 jam sebelum tidur)
• Berdoa
• Akhiri aktifitas dengan senyuman sebelum tidur
B.2. Keterampilan Mental (Mental Skills)
Keterampilan Mental (Mental Skills) Terdiri atas :
a.Keterampilan mempercayai dan menghargai diri
b.Keterampilan berpikir positif
c.Keterampilan mengatasi stres
d.Keterampilan mengambil keputusan dan memecahkan masalah
Keterampilan Mental
a. Mempercayai dan Menghargai Diri
Percaya diri : kemampuan seseorang melakukan evaluasi terhadap diri
sendiri,dapat mengukur suatu perbuatan dari segi baik maupun buruk.
PD berkaitan dengan HD.Harga diri : pandangan seseorang terhadap
keunggulan yang dimilikinya (ditentukan oleh penampilan,kemampuan,
kinerja dan penilaian oleh orang lain.
Tips meningkatkan percaya diri,antaralain:
1.Kenali kelebihan dan kekurangan diri
2.Berdamai dengan kekurangan
3.Yakin tidak ada yang sempurna
4.Menjadi diri sendiri
5.Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri
b. Berpikir Positif
Berpikir positif : keterampilan untuk dapat melihat sisi positif mengenai
suatu hal, peristiwa, kejadian atau pengalaman.Karena :Berpikir positif
dapat mencegah terjerumus dalam kesedihan, kesusahan atau persoalan
yang sesungguhnya dapat diatasi.
Tips untuk berpikir positif:
a.Kelemahan diri sendiri jadikan motivasi kelebihan
b.Yakinlah Tuhan menciptakan kelebihan dan kekurang untuk kekuatan.
c. Mengatasi stres (coping skill)
Apa itu stres ?
“Ketegangan yang disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang dalam
mengatasi tuntutan-tuntutan atau tekanan-tekanan di sekelilingnya”
(Richard Bugelski dan Anthony M.Graziano, 1980).
Stress adalah kombinasi dari stressor (pemicu/penyebab stres) dan respons
stress (reaksi otak dan tubuh).
Apa tanda-tanda stress ?
1.Psikologis & Fisik (Psikosomatis) : Sakit kepala, sakit dada,iritasi kulit,
berkeringat, sakit otot, gangguan pencernaan,alergi, mulut kering,
gangguan tidur, sering pilek, tekanan darah, otot tegang, jantung
berdegup, dll.
2.Mental & Emosional : Curiga dan tidak berdaya, pikiran kosong(blank),
kehilangan semangat dan rasa humor, cemas,kehilangan harga diridan
kepercayaan diri, perubahan selera makan, merasa tersingkir dan
sendiri, kehilangan daya ingat,membuat kesalahan-kesalahan, tidak
dapat santai, dst
3.Perilaku : Kecelakaan dan kecerobohan, makan dan bicara cepat,
memotong pembicaraan, mengambil keputusan irasional,bekerjalambat,
tidak kooperatif, konsumsi alkohol dan obat-obatan, perilaku
obsesif/berlebihan, tertawa keras karentegang, menggertakan gigi, dll.
4.Filosofis : Merasa tidak berdaya, mempertanyakan nilai-nilai
Bagaimana cara mengelola stress ?
1.Kenali dan kelola stressor (situasi yang menyebabkan stress). Stressor,
misalnya : situasi baru, tidak menyenangkan atau sulit diatasi.
2.Temukan jenis, cara dan waktu stress yang sesuai dengan individu,
prioritas dan situasi hidupnya.
3.Alihkan stressor menjadi hal positif. Misalnya dengan mitigasi seperti
olah raga, rekreasi, relaksasi.
d. Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan adalah sebuah keterampilan yang membantu
remaja untuk menghadapi berbagai keputusan dalam hidup secara
konstruktif.Keterampilan ini dapat dipelajari dan dipraktekan.
C.3. Keterampilan Emosional
a.Keterampilan bersikap tegas (Asertif)
b.Keterampilan berkomunikasi dengan orang lain (Komunikasi Interpersonal)
Keterampilan Emosional (asertif)
a. Keterampilan bersikap tegas
Asertif adalah sebuah sikap atau perilaku untuk mengekspresikan diri secara tegas kepada pihak lain tanpa harus menyakiti pihak lain ataupun merendahkan diri di hadapan pihak lain.
Keuntungan perilaku asertif, antara lain :
• Meningkatkan kepercayaan diri
• Meningkatkan kemampuan diri
• Meningkatkan kemungkinan untuk memperoleh apa yang dibutuhkan atau
diinginkan
b. Keterampilan Komunikasi Interpersonal Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan melalui bahasa, pembicaraan,pendengaran, gerakan tubuh atau ungkapan emosi oleh seseorang kepada orang lain disekitarnya.
Hakikat Komunikasi Interpersonal :
1.Adanya partisipasi (participation)
2.Adanya ketersambungan (connectedness)
3.Adanya kesejajaran (equality)
4.Adanya kebenaran (truth)
5.Adanya kejujuran (sinserity)
6.Adanya saling memberi makna (shared meaning)
7.Kegiatan komunikasi itu sendiri menghasilkan tumbuh kembang bersama
(self generating)
Hambatan komunikasi efektif :
1. Menilai (judging) yaitu memaksakan nilai yang anda anut pada orang lain dan
membentuk solusi untuk masalah mereka.
2. Mengirim solusi (sending solution) yaitu menyampaikan ide pemecahan
masalah sebelum diminta.
3. Mengabaikan perhatian orang lain yaitu perasaan dan perhatian orang lain
tidak diperhitungkan.
Proses komunikasi terdiri dari 3 cara, yaitu :
1. Pasif
Tidak dapat mengekspresikan atau dilakukan dengan cara yang tidak langsung
2. Agresif
Berkomunikasi dengan cara yang melukai/ menyakiti atau menyerang orang lain
3. Asertif
Menyatakan pikiran dan perasaan secara jelas dan langsung tanpa menyakiti
D.4. Keterampilan Spiritual
a.Keterampilan Memahami Kehidupan Spiritual
b.Keterampilan Menyadari Kehidupan Spiritual
c.Keterampilan Melaksanakan Kehidupan Spiritual
Keterampilan Spiritual
a. Keterampilan Memahami Kehidupan Spiritual
Kemampuan memahami bahwa semua kegiatan jasmani, pikiran, dan emosi
manusia digerakan atas dasar suara hati atau rohani dan diarahkan untuk
memperoleh keridhoan Tuhan Penciptanya.
b. Keterampilan Menyadari Kehidupan Spiritual
Keterampilan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan
kebesaran Penciptanya.Dengan kesadaran tersebut akan membawa manusia
untuk tanpa henti berusaha menjadi lebih dekat kepada Penciptanya.
c. Keterampilan Melaksanakan Kehidupan Spiritual
Keterampilan dalam melaksanakan semua kegiatan spiritual baik jasmani,
pikiran, dan emosi yang dilaksanakan atas dorongan rohani atau kata hati
untuk mendapatkan keridhoan Illahi
E.5. Keterampilan Kejuruan (Vocational Skills)
Kemampuan atau keterampilan khusus (kejuruan) yang dimiliki oleh remaja
dalam bidang non akademik.Kemampuan remaja dalam berwirausaha
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk dapat menghasilkan uang tambahan
(pemberdayaan ekonomi remaja) sehingga remaja mampu hidup dan
bekerja secara mandiri.
Mengubah hobi menjadi profit :
1. Luangkan waktu
2. Tambah pengetahuan
3. Belajar langsung dari ahli atau sukses
4. Tawarkan hasil karya anda Bisnis yang berangkat dari hobi tingkat
keberhasilannya mencapai 80%
Aneka hobi untuk dijadikan bisnis :
1. Musik : Kursus dan Rental Studio Musik
2. Melukis : Penjual dan kolektor lukisan
3. Desain : Percetakan, biro desain grafis
4. Makanan : jasa pembuatan kue, toko roti dan kue
5. Menulis : penulis
6. Fotografi : Fotografer, studio foto mini
7. Internet : bisnis online, warnet
8. Koleksi unik : jual koleksi
Aneka hobi untuk dijadikan bisnis :
1. Utak-atik mesin : bengkel
2. Nongkrong di kafe : bikin kafe
3. Games : rental PS
4. Baca : bikin taman bacaan
5. Kerajinan tangan :souvenir
6. Tanaman : jual tanaman
F.6.Keterampilan Menghadapi Kesulitan ( Adversity Skills )
1.Memberitahu seberapa jauh kita mampu bertahan menghadapi kesulitan
2.Meramalkan siapa yang mampu mengatasi kesulitan dan siapa yang akan
hancur
3.Meramalkan siapa yang akan melampai harapan-harapan atas kinerja dan
potensi mereka serta siapa yang akan gagal
4.Meramalkan siapa yang akan menyerah dan siapa yang akan bertahan
Tiga Kategori Orang Berdasarkan AQ
1.Quitters (orang yang berhenti)
Orang yang memilih untuk keluar, menghindari kewajiban, mundur dan
berhenti
2.Campers (orang yang berkemah)
Mereka yang pergi tidak seberapa jauh, dan berhenti di tempat yang
nyaman sebagai tempat bersembunyi dari situasi yang tidak bersahabat
3.Climbers (orang yang terus mendaki)
Orang yang selalu memikirkan kemungkinan, dan tidak pernah
membiarkan umur, jenis kelamin,ras, cacat fisik atau mental atau hambatan
lainnya menghalangi pendakian.
tolong diberikan sumber. Agar kalau ada yang mengutip tidak kena plagiasi
BalasHapus